Senin, 11 Desember 2017

Kamu Harus Tahu Klasifikasi dan Tipe Hacker Di Dunia

ARSPuja Labs - Kamu Harus Tahu Klasifikasi dan Tipe Hacker Di Dunia

Anda pengguna Internet dan sering mendengar istilah cker atau Peretas? Namun sampai saat ini tidak juga mengetahui apa yang di sebut dengan hacker? Mulai hari ini anda akan mulai mengerti klasifikasi tentang hacker di Internet.

source: wonderhowto.com

Di dalam dunia komputer dan internet, hacker atau hacking bukan istilah yang asing lagi. Tujuan mereka adalah meretas data, informasi atau sistem keamanan bahkan hingga dapat mengendalikannya. Dalam susunannya, ternyata Hacker dibagi menjadi beberapa golongan. Apa sajakah?

1. Script Kiddies

Golongan ini adalah golongan pemula atau newbie yang melakukan hacking terhadap website atau sistem lain dengan menggunakan software atau program khusus yang sudah diciptakan oleh para hacker terdahulu dan berpengalaman.
Script Kiddies hanya menggunakan program-program tersebut tanpa perlu mencoba menciptakan program baru. Secara relatif, mereka hanya mengerti konsep dasar hacking saja. Rata-rata para Script Kiddies melakukan aksinya dengan dasar iseng dan tidak melakukannya untuk alasan tertentu. Boleh dibilang hanya sebagai pencarian jati diri atau masih belajar di dunia hacking.


2. Hacker Group

Hacker Group ini adalah kumpulan orang juga para Script Kiddies yang bersatu dengan membuat sebuah komunitas untuk tujuan tertentu. Mereka akan merasa kuat apabila kekuatan, pengalaman dan kemampuan yang mereka miliki digabungkan dalam satu kelompok.
Mayoritas orang-orang dalam Hacker Group ini beraksi dengan tujuan tertentu dan selain untuk mencari popularitas, mereka juga mencari keuntungan. Dalam Hacker Group ini dapat digolongkan dalam beberapa kategori seperti Defacer, Cracker, Carder dan Exploiter seperi grup di facebook dll.

Defacer adalah kelompok atau individu yang suka mengubah tampilan website dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensi kelompok dan untuk menyuarakan aspirasi.

Cracker adalah kelompok atau individu yang tidak fokus pada penyerangan suatu website. Kelompok ini hanya bertujuan untuk mencari celah kelemahan suatu software berbayar agar dapat digunakan secara bebas dan gratis.

Carder adalah kelompok atau individu yang fokus pada peretasan toko-toko online atau bank. Dengan meretas toko online atau bank, mereka akan mendapatkan informasi kartu kredit pelanggan tempat tersebut agar dapat digunakan untuk berbelanja barang lain yang mereka butuhkan.

Exploiter adalah kelompok atau individu yang memanfaatkan sebuah celah atau bug di dalam data-data atau website untuk dieksploitasi, tujuan mereka adalah mencari keuntungan untuk dirinya sendiri dari data-data yang dieksploitasinya tersebut.

3. Hacktivist

Hacktivist adalah sekumpulan orang yang mempunyai visi dan misi sama. Mereka rata-rata mempunyai keahlian, kemampuan dan pengalaman yang tinggi. Kelompok satu ini menggelar aksinya dengan tujuan politis dan sosial. Salah satu contoh hacktivist terkenal dengan sebutan Anonymous yang juga mempunyai cabang-cabang di setiap negara.

4. Black Hat Professionals

Kelompok ini adalah kelompok yang mahir dalam hal coding. Kelompok ini susah dihancurkan atau juga ditemui secara mudah. Mereka akan terus tumbuh dan berkembang. Rata-rata kelompok satu ini merupakan musuh para pemerintah dan pebisnis.

5. Organized Criminal Gangs

Kelompok satu ini bisa dikatakan kelompok yang sangat berbahaya karena mereka secara langsung berada di bawah geng kriminal. Orang-orang dalam kategori ini merupakan orang-orang pilihan yang mempunyai keahlian di atas rata-rata. Mereka beraksi secara halus sehingga pihak kepolisian pun akan sulit untuk mendeteksi bahkan menangkapnya.

6. Nation States

Kelompok satu ini boleh dibilang lebih terorganisasi dan terselubung. Dalam aksinya mereka mengincar data-data infrastruktur penting seperti milik pemerintah, publik, finansial dan militer. Salah satu contohnya adalah munculnya virus flame yang berhasil menginfeksi ribuan komputer di daerah Timur Tengah pada pertengahan tahun 2012 lalu.

7. The Automated Tool

Orang-orang yang masuk dalam kategori ini adalah para pencipta virus berbahaya yang dapat menginfeksi jutaan website atau juga perangkat di komputer. Kelompok ini juga dibagi atas kategori dengan dasar tingkat pengalaman dan kemampuan yang tinggi.

Menurut FBI, cara untuk menghindari serangan dari ke tujuh golongan ini adalah sebagai berikut:
"Jangan mengemudi kendaraan dalam lingkungan yang buruk"
"Jika Anda tidak mengunci mobil Anda, itu rentan. Dan jika Anda tidak mengamankan komputer Anda, itu rentan."
"Kurangi kerentanan Anda, Pasti dapat mengurangi ancaman tersebut"

Video ini akan menjelaskan gambaran dari beberapa hacker di atas:




#liputan6DOTcom #Ars #bachrudinashari


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon