Rabu, 29 Juli 2020

Penemu World Wide Web Website Pertama Kali Oleh Berners-Lee

Website terus berkembang dari masa ke masa hingga saat ini bahkan website digunakan sebagai pengelola sistem informasi, di mana mampu memanajemen keuangan, transaksi penjualan dan pengelola data lainnya. 

Penemu World Wide Web Website Pertama Kali Oleh Berners-Lee  (Google Images)

Apa Itu Website?

Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Pada umumnya website merupakan sebuah tampilan informasi yang ditampilkan secara langsung dan saling terhubung dari halaman satu ke halaman lainnya, sehingga membentuk sebuah kumpulan informasi tertentu.

Website bertujuan sebagai media untuk membagikan informasi yang dapat dijangkau oleh banyak orang, namun ada pula yang informasinya hanya dibagikan kepada pengguna khusus (authorized user).

Sejarah Penemuan Website

Penemuan website pertama kali pada tahun 1980, oleh Tim Berners-Lee. Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.
Mulai dari situ Tim Berners-Lee mengembangkan penelitiannya terkait world wide web.

Website Pertama di Dunia

Situs web pertama kali di dunia yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan penemu situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/  dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.
Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.

Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web.

Artikel ini telah tayang di WANDERCOM.ID dengan judul "Berkenalan Dengan Tim Berners-Lee Penemu Website Pertama Kali"


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon