Sabtu, 05 September 2020

Waspada Ada Keylogger Pada Aplikasi Keyboard Tambahan Smartphone

Tags

Keyboard pada ponsel merupakan sebuah tools vital, dan semua membutuhkannya. Namun, ada banyak aplikasi keyboard tambahan yang menyediakan tampilan yang lebih menarik dengan background gambar misalnya. Tahukah anda? Jika ada beberapa aplikasi keyboard yang menyisipkan keyloger di dalamnya. Waspada Ada Keylogger Pada Aplikasi Keyboard Tambahan Smartphone


Keyboard Smartphone

Aplikasi Keyboard Tambahan Smartphone (harustahu.info)


Aplikasi Keyboard Tambahan

Saat anda membuka aplikasi store, seperti Google Play Store dan lainnya pasti sering menemukan adanya aplikasi keyboard tambahan. Tentu saja menyediakan berbagai fitur menarik dan keren seperti background gambar dan lainnya. Meskipun aplikasi keyboard tambahan tersebut terlihat menarik dan unik, anda tetap harus berhati-hati.
Pasalnya masih saja ada yang menyisipkan keylogger pada aplikasi keyboard tersebut. Apakah berbahaya jika aplikasi keyboard tersebut terdapat keylogger?

Apa itu Keylogger?

Keylogger adalah sebuah kemampuan fungsi program untuk merekam semua aktivitas yang dilakukan oleh papan input, dikutip dari Wikipedia Indonesia, Keylogger atau Perekam ketikan merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol papan ketik. Sebuah perekam ketikan biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol papan ketik tersebut ke dalam sebuah berkas catatan.

Seberapa Berbahaya Keylogger pada Aplikasi Keyboard?

Semua aktivitas yang anda lakukan akan terekam dan bahayanya adalah data tersebut akan dikirimkan ke pembuat aplikasi keyboard tentunya. Coba bayangkan jika aanda baru saja melakukan login internet banking, maupun aktivitas login tertentu.
Kemudian secara otomatis keyboard mengumpulkan informasi tersebut dan dikirimkan ke pembuat aplikasi keyboard tambahan yang anda install dari play store dan lainnya. Hal, terburuknya adalah anda akan kehilangan akun atau pencurian informasi.

Nah, bagaimana masih mau pakai aplikasi keyboard tambahan di smartphone setelah membaca ini? Saya menyarankan sebaiknya gunakan keyboard bawaan saja.


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon