Sabtu, 03 Maret 2018

Wow Instagram Bakal Punya Fitur Panggilan Suara dan Video

ARSPuja Labs - Wow Instagram Bakal Punya Fitur Panggilan Suara dan Video

Instagram dikabarkan akan menghadirkan fitur panggilan suara dan video. Fitur ini kabarnya akan ditempatkan di direct message atau pesan.

source: Google Images

Seperti diketahui beberapa waktu lalu Instagram disebut-sebut menguji coba fitur direct yang dibuat terpisah dari Instagram alias menjadi aplikasi sendiri. Kemampuan fitur ini sama seperti Facebook Messenger dan WhatsApp yang dapat melakukan panggilan suara dan video.

Sayangnya hingga kini Instagram enggan berkomentar mengenai kabar tersebut. Kendati begitu ada sebuah bocoran yang menguatkan spekulasi jika mereka memang akan menghadirkan fitur halo-halo pada aplikasinya.

Mereka mendapatkan sebuah gambar screenshot yang memperlihatkan sebuah file APK milik Instagram dengan gambar ikon tombol untuk "Panggilan" dan "Panggilan Video".

source: techrunch

File APK ini memang belum pernah dirilis, mungkin masih menunggu waktu kapan perusahaan siap meluncurkan fitur tersebut. Setidaknya makin menergaskan Instagram bersiap untuk meluncurkan panggilan audio dan video untuk opsi Direct.

Jika benar diluncurkan, maka ini adalah yang kesekian kalinya Instagram menyontek fitur Snapchat. Karena Snapchat juga memiliki kedua fitur tersebut. Kendati begitu, adanya fitur ini akan membuat pengguna makin senang, karena aplikasi kesayangannya itu makin lengkap kemampuannya.

Dengan ini, pengguna Instagram dapat membuat panggilan video ke pengguna lainnya, seperti yang dilakukan Facebook dan WhatsApp. Perbedaannya, untuk melakukan panggilan video, pengguna tidak perlu menyimpan nomor ponsel. Fitur video call saat ini memang menjadi penyelamat sekaligus fitur populer bagi sejumlah aplikasi media sosial. Video call milik Facebook misalnya yang mencatat kenaikan jumlah obrolan pada tahun lalu. Tahun 2017, Facebook mencatat obrolan video sebanyak 17 miliar kali. Jumlah ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Demikian pula dengan SnapChat. Meski pendapatan aplikasi pesan foto ini menurun drastis akibat "ditiru" Instagram, fitur panggilan video dan audio menyelamatkannya dari keterpurukan. Sebab banyak pengguna SnapChat masih menggunakan fitur ini. Saat ditanya mengenai kabar tersebut, Instagram enggan berkomentar. Bahkan, dengan gaharnya mereka menyebutkan tidak akan menjawab pertanyaan mengenai sejumlah rumor, seperti dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (30/1/2018).

Reaksi yang diberikan Instagram berbeda saat mereka ditanya mengenai rumor fitur gambar GIF. Saat itu, Instagram menanggapi dengan pernyataan bahwa pihaknya selalu menguji pengalaman baru untuk komunitas Instagram. Seminggu setelah Instagram mengeluarkan pernyataan tersebut, fitur Giphy for Stories GIF yang dirumorkan resmi meluncur. Melihat reaksi berbeda dari Instagram, bisa jadi fitur video call antar pengguna tidak akan pernah rilis. Atau mungkin saja aplikasi berbagi gambar itu punya pemikiran lain. 

Meski begitu, pengguna Instagram masih bisa berhubungan secara face-to-face ke pengguna lainnya. Sebab, fitur siaran langsung pada  Instagram bisa dilakukan oleh lebih dari satu pengguna. Ini tentunya memungkinkan penggunanya berinteraksi secara real-time. Hanya saja, interaksi tersebut disaksikan banyak mata sebab disiarkan dan dilihat oleh banyak orang. Bukan secara privat layaknya fitu WhatsApp atau Facebook.

Referensi:
- https://inet.detik.com/cyberlife/d-3895506/instagram-hadirkan-fitur-panggilan-suara-dan-video
- https://tekno.kompas.com/read/2018/01/30/15281247/instagram-bakal-sediakan-fitur-video-call


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon