Selasa, 02 Januari 2018

Mengenal Apa Itu Iterasi Dalam Dunia Pemrograman Dan Contoh Penerapan

Tags

ARSPuja Labs - Mengenal Apa Itu Iterasi Dalam Dunia Pemrograman Dan Contoh Penerapan

Ada yang pernah mendengar istilah iterasi? Jika anda seorang mahasiswa teknik atau informatika mungkin itu bukanlah kata yang aneh atau awam. Bahkan mungkin sudah makanan sehari-hari.

Nah, dalam tulisan artikel ini ditujukan kepada mereka yang masih belum paham bahkan mengerti tentang Istilah Iterasi dalam dunia internet khususnya Pemrograman. Mari kita bahas Mengenal Apa Itu Iterasi Dalam Dunia Pemrograman.

source: leanentrepreneur.co

Iterasi adalah model pengembangan system yang bersifat dinamis dalam artian setiap tahapan proses pengembangan system dapat diulang jika terdapat kekurangan atau kesalahan. Setiap tahapan pengembangan system dapat dikerjakan berupa ringkasan dan tidak lengkap, namun pada akhir pengembangan akan didapatkan system yang lengkap pada pengembangan system.

Di dalam komputer/pemrograman, iterasi adalah sifat tertentu dari algoritma atau program komputer di mana suatu urutan atau lebih dari langkah algoritmik dilakukan di loop (perulangan) program. Hal ini dibedakan dari teknik berulang yang disebut rekursi.

Di dalam matematika, iterasi dapat diartikan sebagai suatu proses atau metode yang digunakan secara berulang-ulang (pengulangan) dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematik.

Contoh Iterasi dalam sebuah kode program:

var i, a := 0        // memulai iterasi dengan nilai a=0
for i from 1 to 3    // diulang 3 kali
{
    a := a + i       // menambah nilai a dengan nilai var. i
}
print a              // mencetak hasil a = 6

Sebenarnya masih banyak model-model penerapan iterasi dalam sebuah program, tapi setidaknya kini anda sudah mengetahui detail dari pengertian tersebut.

Kelebihan Model Iterasi :

  1.  Dapat mengakomodasi jika terjadi perubahan pada tahapan pengembangan yang telah dilaksanakan.
  2.  Dapat disesuaikan agar system bisa dipakai selama hidup software computer.
  3.  Cocok untuk pengembangan sistem dan perangkat lunak skala besar.
  4.  Pengembang dan pemakai dapat lebih mudah memahami dan bereaksi terhadap resiko setiap tahapan karena system terus bekerja selama proses.

Kekurangan Model Iterasi :

  1.  Hanya berlaku untuk Short-Lifetime system.
  2.  Tahapan proses tidak terlihat sedang berada ditahapan mana suatu pekerjaan.
  3.  Memerlukan alat ukur kemajuan secara regular.
  4.  Perubahan yang sering terjadi dapat merubah struktur system.
  5.  Memerlukan tenaga ahli dengan kemampuan tinggi.

Sampai disini untuk artikel: Mengenal Apa Itu Iterasi Dalam Dunia Pemrograman Dan Contoh Penerapan silahkan bagikan artikel kepada teman anda agar lebih bermanfaat, dan jangan lupa ikuti kami di Facebook untuk mendapatkan update Artikel IT terbaru setiap harinya. :)


#wiki #Ars


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon