Jumat, 16 Desember 2016

Cara Membuat Password / Kata Sandi Yang Sulit Dibobol Hacker

ARSPuja Labs - Cara Membuat Password / Kata Sandi Yang Sulit Dibobol Hacker

Dunia Maya adalah dunia bebas yang didalamnya terjadi berbagai macam transkasi data, ada transaksi yang bersifat merusak atau dikenal dengan istilah hacking.

source: jalantikus.com


Dalam dunia maya tidak bisa dipandang sebelah mata akan kehadiran para hacker yang berada dimanapun dan kapanpun. Mereka sudah mengetahui seluk beluk dunia enkripsi atau pengkodean kata sandi. Bahkan mereka memiliki kunci dari pikiran manusia umum dalam membuat kata sandi, sehingga sangat mudah sekali untuk di bobol oleh mereka.

Berikut saya akan menjelaskan, Oops.. lebih tepatnya memberikan tips bagaimana membuat password atau kata sandi yang tidak mudah dibobol hacker:



1. Kombinasi Huruf, Angka, dan Karakter Khusus
Sedikit alay boleh kok. Alay rupanya memiliki keuntungan tersendiri, sangat baik apabila kamu membuat password dengan kombinasi huruf dan angka secara selang-seling. Hal ini agar aplikasi peretas password berbasis brute-force akan sulit untuk memecahkannya. Contohnya: J4l4nt1ku5.

2. Kombinasi Upper dan Lower Case
Gunakan Pula Karakter Khusus. Selain kombinasi huruf dan angka, gunakan juga karakter unik seperti !, #, $, &, dan karakter-karakter khusus lainnya agar semakin sulit untuk ditebak.

3. Lebih Panjang, Lebih Kuat
Gunakan Aplikasi Password Manager. Kini ada banyak sekali aplikasi password manager yang dapat kamu andalkan untuk menggenerasi password yang rumit dan menyimpannya ke dalam satu database khusus. Database tersebut akan dienkripsi dengan baik dan tentunya semua password yang kamu simpan di dalamnya akan aman dari bocoran. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan contohnya LastPass.

4. Jangan Gunakan Kata Bahasa Inggris
Banyak peretas yang berasal dari luar Indonesia dalam hal ini mereka sudah mempunyai algortma program yang mampu menebak kata sandi dengan bahasa Inggris tersebut, lebih baik hindari saja menggunakan bahasa inggris.

5. Jangan Gunakan Nama dan Tanggal Lahir
Nama dan tanggal lahir adalah sesuatu yang bersifat komersial, dimana dapat dengan mudah ditebak orang lain yang mengenal identitas anda, berhati hatilah..

6. Jangan Biarkan Browser Mengingat Password
Jika password yang selama ini kamu gunakan tidak ingin mudah dibobol, maka kamu harus berhati-hati dalam memilih browser yang diizinkan untuk menyimpan kata sandi kamu dalam cookies mereka, apalagi kamu login di komputer orang lain atau public.

7. Beda Website, Beda Password
Maka dari itu, selalu gunakan password yang berbeda untuk setiap layanan yang berbeda. Apalagi untuk akun perbankan, gunakan password yang sama sekali belum pernah digunakan di akun sosial mediamu yang lain.


Nah, itu dia langkah-langkah yang harus kamu perhatikan dalam membuat password yang tidak mudah ditebak. Jadi, apa kamu yakin password kamu gunakan saat ini sudah aman? Jika belum yakin, coba deh buat password yang lebih kuat dengan langkah yang saya jelaskan di atas.
Sebelum semuanya terlambat, segeralah bertindak.

# ARS


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon