Jumat, 24 Januari 2020

Selamat Tinggal Windows 7 Microsoft Resmi Berhenti Mensupportnya

ARSPuja Labs - Selamat Tinggal Windows 7 Microsoft Resmi Berhenti Mensupportnya

Microsoft telah mengumumkan Windows 7 berakhir pada 14 Januari 2020. Dengan berakhirnya sistem operasi itu, perusahaan mengatakan tidak lagi merilis pembaruan keamanan maupun patch untuk bug yang mungkin muncul.

Image Source: Google Images

Selain itu, Microsoft mengingatkan dengan berakhirnya dukungan ini Windows 7 akan rentan terhadap malware. Karenanya, perusahaan pun mengingatkan agar pengguna Windows 7 mulai beralih ke Windows 10.

Microsoft sendiri sudah menarik biaya untuk setiap pengguna yang ingin memperbarui sistem operasinya ke Windows 10. Namun, dikutip dari Forbes, Senin (13/1/2020), akses gratis untuk memperbarui ke sistem operasi paling baru dari Windows 7 ternyata masih bisa dilakukan.

Seperti diketahui, Microsoft sempat memberi akses bagi pengguna Windows lawas untuk memperbaruinya ke Windows 10 secara gratis. Akses itu pun dibuka hingga 2016, tapi dari laporan terbaru, cara itu ternyata masih bisa digunakan.

Untuk melakukannya, kamu hanya memerlukan Windows 7 dan Windows 8 resmi di perangkatmu. Setelah itu, kamu dapat mengunduh Media Creation Tool Windows 10 di situs resminya.

Begitu unduhan selesai, buka dan pilih setuju untuk seluruh lisensi yang ditampilkan. Lalu, kamu dapat memillih 'Upgrade this PC now' dan klik 'Next'.

Pilih 'Keep personal files and apps' untuk memastikan data yang kamu miliki tidak terhapus, dan klik Install. Usai proses instalasi berakhir, buka Settings, klik Windows Update, dan Activation untuk mengaktifkan lisensi digital Windows 10 di perangkatmu.

Selain cara di atas, Microsoft juga memiliki saran untuk para pengguna Windows 7, yakni berganti ke perangkat yang baru untuk dapat merasakan pengalaman dengan Windows 10.

Saran itu ditulis di laman resmi Microsft. Perusahaan yang berbasis di Redmond itu beralasan Windows 10 dapat berjalan lebih optimal di perangkat anyar.

"Untuk pengguna Windows 7 kebanyakan, berganti ke perangkat baru dengan Windows 10 Pro merupakan cara yang kami rekomendasikan. Terlebih, harga rata-rata perangkat saat ini lebih terjangkau ketimbang kebanyakan PC delapan tahun lalu," tulis perusahaan.

Selain itu, Microsoft juga merekomendasikan untuk tidak memasang Windows 10 di perangkat laawas. Alasannya, sejumlah perangkat Windows 7 tidak kompatibel atau fitur yang tidak tersedia.

#Liputan6DOTcom


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon