Senin, 29 Juli 2019

Keren! Kini Nintendo Switch Support Android OS

ARSPuja Labs - Keren! Kini Nintendo Switch Support Android OS

Nintendo Switch adalah konsol video game yang dirilis perusahaan Nintendo pada 3 Maret 2017. Konsol ini juga dikenal dengan codename NX pada pengembangannya. Konsol ini dijual seharga $299.99 pada tanggal perilisannya

source: detikInet

Sejauh ini, konsol ini merupakan satu-satunya konsol hybrid - konsol yang merupakan konsol rumahan namun sekaligus konsol portabel juga. Lebih jelasnya, konsol ini dapat dimainkan dengan 3 cara,


  • Home Console Way dengan meletakkan layarnya pada "docking station"-nya dan memainkannya melalui televisi
  • Handheld Way dengan memainkannya sambil memegangnya
  • Tabletop Way dengan meletakkannya diatas meja dan mencabut kontrolernya dan memainkannya sambil bersantai di kursi

Konsol ini menggunakan kontroler yang disebut Joy-Cons, kontroler ini dapat dilepas dari badan utama konsolnya. Joy-Cons dilengkapi dengan Accelerometer, Giroskop, Infrared Depth Sensor dan Komunikasi Jarak-Dekat.

Grup developer bernama switchroot baru-baru ini merilis sebuah cara untuk 'menyuntik' sistem operasi Android ke dalam Nintendo Switch.

switchroot sendiri sejak beberapa waktu ke belakang memang tengah menggarap OS Android untuk Switch tersebut. OS ini adalah modifikasi dari LineageOS 15.1 yang berbasis pada Android 8.1 Oreo.

Meski terdengar rumit, namun sebenarnya proses penyuntikan ini tak terlalu sulit, terutama bagi pengguna Switch yang sudah menggunakan bootloader Hekate pada konsol game miliknya itu. Instalasinya melibatkan sejumlah proses seperti menyimpan system image ke dalam kartu SD, mengunduh paket Gapps yang sesuai, lalu flashing semuanya lewat TWRP, dan reboot konsol.

Mengingat Switch memang tak didesain untuk menjalankan OS selain bawannya, ROM berbasis Android 8.1 Oreo itu disebut sangat impresift. Androidnya bisa berjalan baik di mode handheld maupun docked, audio dan Joycon bisa berfungsi sempurna.

Bahkan ada fungsi untuk menyalakan 'Shield' yang membuat Switch bisa berubah menjadi Nvidia Shield TV, lengkap dengan dukungan Nvidia Gamestream dan sejumlah game eksklusif Shield. Namun tentu masih ada bug pada OS tak resmi ini.

Contohnya adalah WiFi yang tak stabil dan tak bisa memutar layar layaknya perangkat Android lain. Namun perlu diingat juga, melakukan hal ini membuat konsol anda terancam terblokir dari game online.

Masih tertarik? Anda bisa mengunduh dan mempelajari tahapan untuk menginstal Android di Switch pada tautan ini. Pembuat ROM-nya menyarankan untuk mengunduh lewat torrent agar server mereka tak jebol karena dibanjiri pengunduh.

# Ars, DetikCom


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon