Selasa, 30 Mei 2017

Ini Dia Alasan Kenapa Jaringan Indosat Ooredoo Sering Lola di Bulan Ramadhan

ARSPuja Labs - Ini Dia Alasan Kenapa Jaringan Indosat Ooredoo Sering Lola di Bulan Ramadhan

Jakarta - Telah menjadi rutinitas bagi operator seluler untuk menjaga kualitas layanan saat bulan Ramadhan, terutama saat Lebaran. Indosat Ooredoo pun melakukan antisipasi jaringannya dalam menyediakan layanan telepon, SMS, hingga data atau internetan.

source: google.com

Indosat Ooredoo sendiri telah memprediksi lonjakan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2017. Untuk layanan data meningkat 69% dibandingkan trafik reguler karena seiringnya tren penggunaan media sosial. Untuk layanan telepon naik 8% dibandingkan trafik lebaran tahun kemarin, lalu trafik SMS diprediksikan turun 4% dari penggunaan reguler harian.

Dalam memperkuat jaringan demi kelancaran berkomunikasi bagi pelanggannya, Indosat Ooredoo juga akan melakukan pemantauan jaringan telekomunikasi secara nasional melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) yang beroperasi 24 jam dalam 7 hari.

Sementara untuk mengantisipasi lonjakan jelang Lebaran, Indosat Ooredoo mengaktifkan Command Center yang melakukan pemantuan kualitas jaringan secara lebih intensif untuk menjaga pelanggan berkomunikasi.

Menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi ini, operator yang identik warna kuning merah ini meningkatkan kapasitas jaringan, antara lain 7.344 Terabyte/hari untuk kapasitas data, trafik suara (telepon) menjadi 37,5 juta Erlang/hari, dan SMS meningkat menjadi 1,9 miliar SMS/hari.

Group Head Network Operations Indosat Ooredoo, Umar Hadi, mengatakan Ramadhan dan Lebaran merupakan momen yang selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia, dimana pada saat itu kebutuhan berkomunikasi menjadi lebih tinggi dari biasanya.

"Oleh karena itu, kami telah menyiapkan jaringan kami untuk menghadapi potensi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut. Peningkatan kapasitas untuk data, telpon, maupun SMS," ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

"Serta pemantauan kualitas jaringan yang intensif melalui i-NOC kami lakukan agar pelanggan dan masyarakat mendapatkan pengalaman terbaik dalam berkomunikasi sehingga dapat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga secara nyaman dan lancar," tambahnya.

Indosat Ooredoo juga melakukan uji kesiapan jaringan, baik itu secara mandiri maupun bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di sepanjang jalur dan kota tujuan mudik untuk memastikan kondisi jaringan siap terhadap potensi lonjakan trafik.

"Kami juga melakukan upgrade jaringan dan penambahan kapasitas di area-area yang menjadi tujuan wisata dan juga mudik saat libur Lebaran," ucap Umar.

Melihat tren penggunaan layanan data melonjak, operator seluler ini pun mengoptimalkan salah satu fasilitas yang dimilikinya, yaitu Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) untuk memantau kualitas layanan aplikasi populer, seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lainnya.

Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo menjanjikan bahwa tidak hanya kestabilan jaringan saja namun juga kualitas dari masing-masing aplikasi berada dalam kondisi baik untuk mendukung aktivitas mudik dan liburan pelanggan.

# detikInet, Ars


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon