Jumat, 05 Mei 2017

Dilema UNBK di Indonesia Masih Perlu Dibenahi

ARSPuja Labs - Ujian Nasional Berbasis Komputer Di Indonesia

Ujian nasional merupakan syarat utama kelulusan seorang siswa. Tak jarang, banyak siswa yang merasa begitu cemas ketika hari pelaksanaan sudah hampir tiba. Di lain sisi, banyak pula siswa yang berusaha mencurangi sistem ujian dengan memanfaatkan kunci jawaban yang beredar dan juga dengan menggunakan contekan. Hal inilah yang lantas mendorong pemerintah untuk membuat sebuah sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Seperti dimuat pada laman UNBK, UNBK singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer yang berasal dari istilah Computer Based Test (CBT). 


source: google.com

UNBK adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai lembar ujian siswa pengganti kertas. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang saat ini masih berjalan untuk ujian lokal di sekolah. 

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut berhasil dengan baik dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Namun hingga saat ini UNBK menggunakan masih menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). 

Yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan perangkat komputer. Meski banyak sekolah yang mengaku siap, namun kondisi perangkat dan jaringan belum sepenuhnya beroperasi dengan baik. Masih banyak sekolah yang tidak mempunyai cukup perangkat komputer yang layak. Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyarakan kepada para kepala dinas di daerah masing-masing, untuk meminjam komputer dari lembaga lain. Perguruan tinggi dan sekolah SMK yang mempunyai ruang dan perangkat komputer yang layak, namun tak melaksanakan ujian nasional bisa digunakan untuk UNBK. (Fikri Mustaqim | kompasiana.com/teknosiana)

Yaa, dari ulasan Fikri Mustaqim memang benar Indonesia masih kurang siap menghadapi perkembangan globalisasi khususnya di bidang tehnologi. Seperti fasilitas dan sarana memang masih banyak yang harus diperbaiki.

Lalu bagaimana menurutmu dengan opini seperti ini??


# Ars, Kompasiana


Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA sesuai topik artikel diatas. Diluar itu komentar anda akan penulis hapus. Terimakasih :)
EmoticonEmoticon